Pilih General Blogging atau Niche Blogging


Pilih General Blogging atau Niche Blogging - Pada saat pertama kali kita membuat suat blog atau website, hal pertama yang kita pikirkan adalah akan menulis tentang apa blog ini. Apakah termasuk ke dalam General Blog atau Niche Blog.
Niche blog adalah blog yang hanya mempunyai 1 tema saja, seperti contohnya blog tentang Pendidikan, kesehatan dsb.
General blog adalah blog yang membahas tentang segala sesuatu, bisa kesehatan, pendidikan, Software dll.
Tentunya masing-masing dari sebuah General Blogging atau Niche Blogging memiliki kelebihan, tergantung dengan tujuan anda menciptakan blog. Tidak ada unsur paksaan untuk anda dalam memilih harus menjadi General Blogging atau Niche Blogging, akan tetapi ketika membuat sebuah blog baru anda tetap harus memilih salah satu aliran blogging tersebut.
maka dari itu mari kita lihat kelebihan dari kedua aliran tersebut.

Kelebihan General Blog

Hal pertama yang paling mengguntungkan bagi General blog adalah lebih Cepat Tenar dan dikenal. Karena mencantumkan berbagai berita /artikel maka blog general akan lebih cepat tenar kalau dibanding niche blog. Akan tetapi, setelah naik biasanya akan stagnan, diam disitu-situ saja, dan kemudian  ketenarannya akan terkalahkan oleh niche blog.
Banyak hal yang bisa ditulis dalam blog bagi seorang blogger Genereal blog. Dengan tidak berfokus pada satu tema saja, maka general blog tidak perlu takut kehabisan ide ataupun bahan potingan... apa pun yang dilihat atau didengar, bisa langsung menjadi bahan tulisan atau postingan. Tidak sama halnya seperti niche blog, yang tidak boleh melanggar tema blognya.

Kelebihan Niche Blogging

Dalam sebuah niche kelebihan yang paling utama adalah lebih terlihat Keahilannya dalam Bidangnya.Niche blogging mengajarkan untuk membuat artikel dengan hal yang ingin kita kuasai ataupun dengan menulis yang memang benar-benar anda faham dan mengerti. Hal ini memberikan keuntungan ketika ingin melakukan update artikel kita tidak susah-susah untuk mencari tema, cukup tema seputar blog.
Ketika semakin sering anda update menulis satu Niche, semakin luas pengetahuan anda dan anda dapat memiliki pengunjung yang loyal terhadap blog anda. Dengan itu semakin anda sering uptade, semakin banyak pengunjung yang datang, pengunjung akan beranggapan bahwa anda memang ahli dalam hal tersebut.
Terbentuk Komunitas.Dengan fokus terhadapsatu Nichemaka para pengunjung yang Loyal yang memiliki opini dengan anda, akan berbagi, bertanya dengan anda.
Bahkan akan merekomendasikan blog anda, berbicara mengenai blog anda, dan anda akan menjadi pembicaraan di media sosial ataupun komunitas.
Disukai Pengiklan.Pemasangan iklan biasa lebih memilih blog yang memiliki tema Niche dari pada Umum, karena iklan yang dituju lebih mengklik banner yang ditargetkan untuk pengunjung, dan iklannya sangat terkait dengan tema blog.
Lebih disukai Search Engine (Mesin Pencari). Mesin pencari sepetiGoogle, Yahoo, MSNakan lebih tertarik karena mengangap konsisten pada tema blog anda. Dan tidak memunculkan opini Mesin Pencari bahwa tulisan tersebut tidak asal-asalan.

Kesimpulan

Dari kedua tema blog di atas, saya lebih menganjurkan anda untuk memilih niche blog daripada general blogging dengan berbagai keuntungannya.
Apakah memang benar-benar harus niche blog? tidak juga, seperti yang saya tulis di atas, tergantung diri anda dan tujuan anda membuat blog.
Satu hal lagi, apabila belum mengerti dengan kelebihannya, niche blog saya ibaratkan dokter spesialis, dan global blog seperti dokter umum. Penting 2-2nya, tapi mana yang lebih ahli? mana yang lebih mahal?

Mungkin itu sekian untuk postingan kali ini, kesimpula untuk memilih General blogging atau Niche Blogging tergantung anda sendiri, terimakasih sudah berkunjung.
Yuni Haryani
README

Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berakhir dengan keraguan. Jika orang mulai dengan keraguan, dia akan berakhir dengan kepastian. [Source : Francis Bacon]

Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.
Untuk pertanyaan di luar topik artikel silahkan kik OOT (apabila dipertanyakan di sini, mohon maaf apabila tidak dibalas).